Perbandingan spesifikasi New Vixion vs R15

Haloo gann.. bertemu lagi disini di blog pinggiran ane ๐Ÿ˜€
Disini kita bahas lagi si R15… kok kaya repost ya judulnya… Tapi yang mau dibahas ini kita lihat satu persatuย  bagian… Data diambil dari data spesifikasi dari Yamaha. So, ayo kita mulai….

image

Spesifikasi New Vixionnya…

image

Kemudian kita bandingkan dengan spesifikasi R15…

image

Pertama, tipe mesin..

image

image

disitu sudah jelas… menggunakan mesin tipe sama, dan bahkan disinyalir menggunakan kode yang sama yaitu 1PA. Singgle silinder, konfigurasi mesin tegak, perbandingan kompresi yang sama sama 10,4. Yang bikin pemirsa kaget ialah… output power yang juga sama
Daya maksimum : 12,2kw / 8.500 rpm dan Torsi maksimum : 14,5Nm / 7.500 rpm
weleehh… Mungkin ECU keduanya juga sama..
Perbedaannya terdapat pada gearbox R15 yang menggunakan 6 speed sementara vixion menggunakan 5 speed.. Lalu R15 menggunakan gear 14-47 new vixion menggunakan ukuran gear 14-43… Oiya, R15 sudah tidak pakai kick starter lagi..

image

Kedua, dimensinya… coba kita bandingkan…

image

image

R15 memiliki panjang yang lebih pendek dari NVL, selisih sekitar 55mm… Dan ternyata R15 lebih ramping ketimbang NVL… Dengan lebar R15 sekitar 660mm sementara si NVL lebarnya 705mm… Kok bisa yak? Atau mungkin salah ketik?
Tapi… R15 memiliki jok yang lebih tinggi sekitar 10mm, dan jarak sumbu roda yang lebih panjang, mungkin untuk mengejar stabilitas IMHO. Dan si R15 ini lebih berat dari NVL. Lagi lagi ini berimbas pada stabilitas…

image

Yang perlu kita garis bawahi, dengan power maksimal yang sama, tetapi berat yang berbeda, apa tidak berimbas pada PWR yang mengecil? Tetapi memang, si R15 menggunakan fairing yang membuatnya lebih aerodinamis, serta gearbox plus ukuran gear yang berbeda… Jadi siapa yang lebih unggul nih? Sepertinya kalau top speed masih menang R15… Tetapi akselerasi? Dan faktor faktor lain? Mari kita lakukan hitungan kasar…
R15 dengan berat 136kg, power maksimal 12,2kw, maka PWR kasarnya 0,08
NVL dengan berat 129kg, power maksimal 12,2kw, maka PWR kasarnya 0,09
Kok malah menang NVL? :mrgreen: wkwkw… ingat, ini cuma hitungan kasar tanpa memperhatikan faktor faktor lain, dan bisa saja yang ditulis di website itu salah ketik..

Ketiga, rangka dan ukuran ban
Seperti yang sudah kita ketahui, R15 dan vixion series sama sama menggunakan rangka Deltabox. Suspensi depan yang sama sama teleskopik 33mm, serta suspensi belakang yang juga sama…
Perbedaan ada diii… Penggunaan swing arm alluminium di R15 (mantabย  ๐Ÿ˜€ ), dan ukuran ban belakang…

image

image

Ban belakang R15

Ban belakang R15 menggunakan ukuran 130/70, sementara NVL menggunakan ban belakang ukuran 120/70 lebih kekar R15 nihh ๐Ÿ˜€

Terakhir ini ialah.. penampilan ๐Ÿ˜€ kalo ini masalah selera sih.. monggo dibandingkan sendiri…

image

image

image

image

Last, mohon maaf bila banyak kekeliruan di artikel saya ini :D. data data tadi cuma data buram, dan hasil hitungan kasar… Jadi harap maklum jika mleset jauh nantinya…

Semoga bermanfaat,
matur suwun..

Referensi data : pertamax7.com, tmcblog.com, iwanbanaran.com, iwantyamahar15.com
Picts : pertamax7.com, iwanbanaran.com, blogotomotif.com, otomotifnet.com, iwantyamahar15.com

Iklan

38 comments

Monggo berkomentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s