Wow, BMW kembangkan lampu OLED, lampu generasi baru

Malam gan… kayaknya kebiasaan niih blog update artikelnya malem terus wkwk ๐Ÿ˜€
Oke, tau LED kan gan? Lampu yang terang, namun hemat energi… Kini BMW sudah mengembangkan lampu jenis baru, yaitu Organic Light Emitting Diode, atau disingkat menjadi OLED.. Mirip seperti LED tapi beda gan…

image

Tidak seperti LED, OLED menggunakan semikomduktor tipis yang terbuat dari polimer organik untuk memproduksi cahaya. Dan lampu ini diklaim lebih hemat enegri dan lebih dingin dari LED.. Wihhh… ๐Ÿ™„ LED aja udah nggak kerasa panasnya, lha ini kayak gimana lagi yak? ๐Ÿ˜€
Lalu, perbedaan lain yaitu pada penyinaran… Jika LED menghasilkan cahaya yang cenderung fokus pada satu titik dan membutuhkan tambahan reflektor atau lensa untuk menyebarkan cahayanya, OLED tidak seperti demikian… OLED bisa menghasilkan sinar yang berpendar ke segala arah tanpa perlu tambahan alat lain lagi… Sedaapp..

image

Lapisan semikonduktor yang digunakan OLED sangat tifisss gann… diperkirakan 150 kali lebih tifis dari rambut manusia ๐Ÿ˜€ tipis amattt, dan jika sudah direkatkan ke dalam lapisan plastik, atau kaca, total ketebalan keseluruhannya hanya mencapai 1,5 mm.
Tapi kabarnya lampu ini masih belum dapat diaplikasikan selain di rear lamp lampu motor. Belum bisa digunakan untuk lampu sein, rem, apalagi lampu utama. Karena lampu OLED mungkin kurang terang untuk diaplikasikan pada lampu selain rear lamp.
Sementara ini, prototype OLED sudah diterapkan pada BMW K1600GTL. Tapi masih menggunakan perpaduan LED tentunya..
Semoga kedepannya tehnologi lampu OLED ini dapat dikembangkan lagi, dan tidak terbadas pada motor atau mobil BMW saja… Revolusi yang lumayan juga kan kalo misalnya R25 atau Honda K45 pakai lampu ini :mrgreen:
Nih dia sekalian sekilas video tentang lampu OLED

Semoga bermanfaat mas bro…
Matur suwun…

Refferensi berita : otomotifnet.com

Iklan

16 comments

Monggo berkomentar :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s